Search This Blog

Loading...

Terima Kasih Untuk Tidak Melakukan Copy Paste

Saturday, 14 May 2011

Apa itu Error Code ?

Apa bedanya Trouble Shooting dengan Error Code? Apa itu Error code (kode error)?  Apa arti kode E dengan beberapa digit angka di belakangnya? Apa bedanya Error Code pada mesin fotokopi canon analog dan digital? Sebagai pengguna mesin fotokopi canon, tidak salahnya bila kita mempelajari atau setidaknya mengetahui sedikit tentang Kode kode error (error Codes) pada mesin fotokpi Canon.

Troubleshooting adalah suatu bentuk antisipasi atau penyelesaian atas beberapa masalah yang sering timbul pada mesin fotokopi yang dikarenakan kesalahan penggunaan mesin. Maka Error Code (kode error) adalah petunjuk yang diinformasikan oleh mesin itu sendiri ketika mendeteksi adanya kerusakan atau ketidak laziman yang terjadi di dalam mesin tiu sendiri. Petunjuk tersebut dinformasikan kepada pengguna dengan bentuk kode yang terdiri dari satu huruf E yang diikuti dengan beberapa digit angka dibelakangnya, dan kode error tersebut ditampilkan pada monitor yang ada pada control panel mesin itu serta diikuti dengan bunyi error yang spesifik.

Tampilan Kode Error tersebut untuk mesin fotokopi analog masih menggunakan 3 digit angka sedangkan dengan untuk mesin fotokopi digital telah berkembang menjadi 6 digit angka dilanjutkan 4 digit angka lagi yang menunjukkan hasil deteksi mesin. Contoh kode error pada mesin Analog E010, bila pada mesin digital bisa berupa E000010-000 atau E000010-001. Intinya angka digit yang lebih banyak yang ditampilkan pada mesin digital, memberikan petunjuk hasil deteksi yang lebih spesifik.

Dengan kode tersebut, pengguna atau tenaga teknisi dapat lebih mudah dan terarah untuk memperbaiki keadaan tersebut. beberapa kemungkinan dari Kode Error (Error Code) yang timbul:
  • Ada komponen yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.
  • Ada komponen (consumable part) yang habis dan harus diganti dengan yang baru.
  • Hanya semacam peringatan dini.
  • Adanya konsleting.
  • Adanya koneksi yang terputus atau tidak terhubung dengan benar.
  • Ada bagian yang kotor sehingga menutupi/ menghalangi sensor.
Masing masing angka pada kode error tersebut menunjukkan kepada pengguna atau tenaga teknisi, bagian bagian mana yang mengalami kerusakan atau ketidak laziman. 
InfoPlus team sedang membuat daftar kode error disertai penjelasan dan cara penyelesaiannya. Semua berdasarkan pengalaman pengalaman yang pernah kami hadapi. Untuk mendapatkan update daftar kode error, silahkan berlangganan via email atau anda bisa mengikuti blog ini. agar anda tidak ketinggalan dengan informasi kode error yang sedang kami persiapkan.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete