Loading...

Terima Kasih Untuk Tidak Melakukan Copy Paste

Wednesday, 27 April 2011

Perbedaan Mesin Fotokopi Analog & Digital

Dalam satu dekade terakhir penggunaan mesin fotokopi (fotocopy) telah berangsur bergeser dari mesin Analog ke mesin Digital. Pada awalnya banyak pengguna atau calon pembeli mesin yang ragu dengan kemampuan mesin Digital. Dan bertanya apa perbedaan mesin analog dan digital? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Jelas sekali banyak perbedaan diantara mesin analog dengan mesin digital. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah dari cara kerjanya, dimana mesin digital lebih mengandalkan kemampuan elektronik (processor) dalam menggerakkan keseluruhan mesin. Berbeda dengan mesin analog yang masih mengandalkan rantai atau timing belt untuk menggerakkan motor motor yang ada didalam mesin.

Bagaimana pun perbedaan diantara kedua jenis sistem mesin ini, yang pasti kita berada pada tepian masa perubahan teknologi menuju era digital dan Suatu saat nantinya semua mesin fotokopi (fotocopy) analog akan digantikan oleh mesin fotokopi (fotocopy) digital, seperti halnya teknologi photo camera atau video camera.


Tentu saja kita tidak perlu serta merta menggantikan mesin fotokopi (fotocopy) analog yang kita miliki dengan mesin digital. Karena banyak mesin analog yang masih memiliki kualitas yang prima dan handal dalam menjalankan tugasnya. Tetapi kita juga perlu mempertimbangkan kebutuhan kita sebab tidak dapat dipungkiri bahwa mesin fotokopi (fotocopy) digital memberikan kualitas hasil yang jauh lebih bagus, kecepatan yang lebih tinggi dan yang pada akhirnya memberikan effisiensi dalam menyelesaikan perkerjaan kita.

Kelebihan mesin fotokopi (fotocopy) digital lainnya adalah hasil scan dapat dikirim ke komputer melalui jaringan network, dapat pula dikirim sebagai fax atau email. Selain itu, mesin fotokopi digital dapat berfungsi sebagai mesin printer. Kemampuan fitur fitur ini jelas mebuat pekerjaan kantor menjadi lebih effisien.

Kelebihan dan kekurangannya :
  • Untuk jumlah copy yang banyak, mesin digital memberikan biaya copy per lembar yang lebih rendah.
  • Suara mesin digital lebih halus dibandingkan mesin analog, Sehingga menjadi pilihan bagi perkantoran.
  • Karena mesin digital lebih mengandalkan peralatan elektronik-nya, maka kelemahannya adalah rentan pada tegangan listrik.
  • Sensor sensor pada mesin sangat membantu kita mendeteksi kerusakan ataupun kesalahan pengoperasian. Dan ini sekaligus merupakan kelemahan juga karena mesin terlalu sensitif dan tingkat toleransinya sangat rendah.
Namun dalam memilih mesin fotokopi (fotocopy), hendaknya anda tetap melakukan penelitian kecil pada mesin tertentu yang ada dalam pertimbangan anda, seperti membaca product review untuk mengetahui pandangan dari pengguna yang telah membeli produk tersebut. Selalu mendengarkan penjelasan dan masukan dari sales representative. Mendapatkan opini dari pihak ketiga adalah yang terbaik, anda bisa menanyakan kepada perusahaan lain mengenai pengalaman mereka dalam menggunakan mesin tersebut. 

Menentukan pilihan jenis mesin fotokopi (fotocopy) mana yang terbaik adalah sulit. Namun bila anda mengetahui apa kebutuhan anda, maka anda akan lebih mudah dalam melakukan pencarian.

3 comments: